Inilah Jenis Lantai Vinyl untuk Dekorasi Ruangan yang Menawan

  • Mas Bro
  • Jul 12, 2023
Inilah Jenis Lantai Vinyl untuk Dekorasi Ruangan yang Menawan

Sebuah hunian memang mencakup berbagai hal di dalamnya, termasuk dalam penggunaan material untuk lantai. Pemilihan jenis lantai Vinyl bisa dijadikan salah satu alternatif material yang bisa dipakai. Selain dapat memperindah hunian, terdapat juga manfaat lainnya.

Lantai Vinyl sendiri merupakan lantai yang menggunakan bahan Vinyl, yakni salah satu material lantai dari bahan sintetis. Meskipun dari bahan sintetis, tetapi kualitas serta beragam kelebihan lainnya tidak bisa dianggap remeh. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Jenis Lantai Vinyl

Ada beberapa jenis lantai Vinyl yang bisa diketahui pembaca. Nantinya mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk memilih dan menggunakannya. Di antara jenis-jenis Vinyl tersebut, yaitu:

1. Vinyl Tile

Sesuai namanya, Vinyl Tile ini tampilannya terlihat menyerupai corak keramik. Memiliki ketebalan sekitar 1 mm sampai 3 mm, dengan ukuran panjang serta lebar yang berkisar antara 30 sampai 50 cm.

Beragam coraknya yang menarik seperti halnya keramik, bisa dipilih sesuai keinginan masing-masing. Meskipun Vinyl pasti berbeda teksturnya dengan keramik, tetapi tentunya dari segi harga penggunaan material Vinyl ini lebih terjangkau.

Adanya perekat khusus yang digunakan dalam pemasangannya, memungkinkan sekat atau jarak antar lantai dan bahan material tersebut lebih tidak terlihat.

2. Vinyl Plank

Jenis Vinyl yang satu ini biasanya lebih banyak digunakan untuk sebuah hunian atau rumah, tetapi tidak menutup kemungkinan dipakai pada bangunan kantor. Tampilannya menyerupai corak kayu asli, sehingga jika digunakan mirip dengan lantai kayu.

Memiliki ukuran panjang yang berkisar antara 90 sampai 100 cm dan ukuran lebarnya yang berkisar antara 10 sampai 20 cm. Sementara untuk ketebalannya, berkisar antara 2 sampai 3 mm.

3. Vinyl Click

Berikutnya, jenis Vinyl ini memiliki ketebalan berkisar antara 4 sampai 5 mm. Dalam segi pemasangannya sendiri, cenderung lebih mudah dengan adanya sistem penguncian khusus yang biasanya terletak di sisi pinggir tiap lembaran Vinyl.

Jadi, dengan adanya kemudahan tersebut, pengguna Vinyl jenis ini dapat melakukan pemasangan sendiri. Hasilnya pun biasanya lebih rapi karena sambungan dari pemasangan tersebut tidak begitu terlihat.

4. Vinyl Roll

Berbeda dengan beberapa jenis Vinyl sebelumnya, Vinyl Roll ini berbentuk gulungan layaknya gulungan karpet. Namun, jenis Vinyl ini tentunya memiliki tekstur yang cenderung lebih halus daripada karpet.

Memiliki beragam motif yang tidak kalah menarik dengan jenis Vinyl lainnya, bisa didapatkan juga oleh pengguna yang menginginkan corak Vinyl tertentu. Panjangnya kurang lebih sekitar 25 m dan lebarnya 2 m.

Menilik Keunggulan Jenis Lantai Vinyl

Meskipun material lantai Vinyl ini dari bahan sintetis yakni dari polyvinyl Chloride atau PVC, tetapi tetap memiliki keunggulan. Beberapa di antaranya seperti berikut:

  • Motif yang Variatif. Tersedianya beragam variasi motif, membuat material Vinyl ini dapat dijadikan pilihan yang menarik serta bisa memperindah sebuah ruangan.
  • Pemasangan yang mudah. Tanpa tenaga ahli atau profesional sekalipun, pemasangan material Vinyl untuk lantai ruangan bisa dilakukan dengan mudah. Hasilnya pun bisa tetap rapi jika mengikuti prosedur pemasangan yang sesuai.
  • Harganya lebih terjangkau. Meskipun coraknya menawan, bahkan hampir menyerupai keramik atau material kayu asli, harga Vinyl ini cenderung lebih terjangkau.
  • Lainnya. Bahan material yang cukup awet serta tahan lama ini, juga memiliki keunggulan lain dalam hal kualitas. Apalagi jika dibarengi dengan pemasangan serta perawatan yang tepat.

Kesimpulan:

Lantai Vinyl menawarkan berbagai jenis pilihan yang dapat menjadi alternatif menarik dalam penggunaan material lantai. Beberapa jenis Vinyl yang dapat dipertimbangkan, antara lain Vinyl Tile dengan corak menyerupai keramik, Vinyl Plank dengan tampilan mirip kayu asli, Vinyl Click yang mudah dipasang dengan sistem penguncian khusus, dan Vinyl Roll yang memiliki motif beragam dalam gulungan yang halus.

Keunggulan material lantai Vinyl juga tidak bisa diabaikan. Dengan beragam variasi motif yang menarik, Vinyl dapat memperindah ruangan dengan tampilan yang atraktif. Kemudahan dalam pemasangan memungkinkan pengguna untuk melakukannya sendiri tanpa memerlukan tenaga ahli, selama mengikuti prosedur pemasangan yang tepat. Selain itu, harga Vinyl yang lebih terjangkau dibandingkan material lain seperti keramik atau kayu asli, menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pengguna.

Tak hanya itu, lantai Vinyl juga menawarkan ketahanan yang cukup baik serta kemampuan untuk tetap awet dalam jangka waktu yang lama jika dirawat dengan baik. Dengan kelebihan-kelebihan ini, pengguna yang tertarik untuk mencoba lantai Vinyl dapat dengan lebih mudah menentukan bahan alternatif yang sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka. Dengan begitu, lantai Vinyl menjadi sebuah solusi menarik dalam menghadirkan tampilan yang menawan dan fungsional bagi hunian atau bangunan lainnya.

Dengan adanya ulasan terkait jenis lantai Vinyl, pengguna yang nantinya ingin mencoba material ini, dapat memiliki gambaran mengenai bahan alternatif untuk lantai tersebut. Segala hal yang terkait dengan bagian sebuah bangunan tersebut juga dapat disesuaikan.

Author Profile

Mas Bro
Mas Bro
Saya seorang arsitek dan sebagai blogger yang mencurahkan waktu dan energi untuk membuat konten tulisan yang menarik dan informatif di platform web hyebro.com.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *