Keuntungan Dan Kerugian Pengguna Dak Lantai 2 Dari Kayu, Praktis Dan Simpel
Keuntungan Dan Kerugian Pengguna Dak Lantai 2 Dari Kayu, Praktis Dan Simpel

Keuntungan Dan Kerugian Pengguna Dak Lantai 2 Dari Kayu, Praktis Dan Simpel

Posted on

Adakah keinginan membuat dak lantai 2 dari kayu namun masih ragu? Masih banyak pikiran dak dari kayu ini bakalan kuat atau tidak. Sini kumpul untuk menjawab keraguan menggunakan dak kayu atau tidak dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari dak lantai kayu.

Dak yaitu lantai atas rumah lantai 2 atau 3 yang biasa digunakan untuk lantai yang terbuat dari kayu. Umumnya dak lantai 2 bangunan terbuat dari semen dan material lainnya. Untuk kali ini akan ada pembahasan keuntungan dan kerugian jika menggunakan dak lantai kayu.

Keuntungan Memakai Dak Lantai Kayu

Memang memakai dak kayu tidak banyak orang menggunakannya namun bagi pecinta desain rumah minimalis ini menjadi solusi. Selain itu dak kayu cocok juga bagi yang sedang bermimpi membangun rumah yang minimalis, 2 lantai dan low budget.

1. Hemat Biaya

Penggunaan dak lantai 2 dari kayu ini jauh lebih irit pengeluarannya dibandingkan dengan dak menggunakan semen. Sehingga cocok sekali bagi orang yang ingin membangun rumah dengan lahan kecil namun ingin lantai 2 yang sederhana.

Dengan menggunakan dak kayu dapat menghemat biaya dan dana bisa untuk keperluan lainnya. Namun tidak semua dak dari kayu relatif murah, ada juga yang mahal tergantung jenis dan kualitas kayu.

2. Anti Aliran Listrik

Karena kayu merupakan isolator yang baik sehingga menjadi keuntungan bagi pemilik dak lantai kayu. Dengan begitu akan menangani terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh listrik.

Karena biasanya setiap rumah memiliki aliran listrik yang besar untuk keperluan sehari-hari. Untuk itu rumah dengan desain kayu ini memiliki keuntungan yang besar.

3. Memiliki Tekstur Ringan Dan Mudah Didapat

Selanjutnya dak lantai 2 yang terbuat dari kayu memiliki keuntungan dari segi bahan. Bahan yang dimiliki sudah mempunyai corak yang bagus dan estetik sehingga tidak perlu membuat corak manual.

Untuk bahan kayu ini mudah sekali mendapatkannya dari mulai jenis dan kualitas yang rendah, sedang dan tinggi. Selain itu tekstur kayu yang ringan sehingga tidak memberikan beban berlebih pada bangunan sehingga tahan dari guncangan gempa.

Jika membangun rumah dengan kayu akan mempermudah juga dalam pemasangan dan menghemat tenaga. Selain itu menggunakan bahan kayu akan mengurangi kadar dari karbon dioksida yang ada di bumi.

Berikut diatas beberapa keuntungan yang bisa dirasakan ketika menggunakan dak lantai 2 dari kayu. Sekarang sudah tidak penasaran lagi bahwa sebenarnya dak kayu memiliki keuntungan yang banyak jika digunakan.

Kerugian Memakai Dak Lantai Kayu 

Selanjutnya setelah mengetahui keuntungan dak lantai kayu yang memiliki keuntungan dari segi harga relatif murah dengan keuntungan lainya. Selain itu dibalik keuntungan pasti ada juga kerugian dari dak lantai kayu. Berikut ringkasan kerugian menggunakan dak lantai kayu:

  • Bahan kayu mudah terbakar sehingga pemilik rumah yang berdak kayu harus berhati-hati dalam penggunaan benda yang sering menimbulkan panas.
  • Mudah terserang rayap: Karena musuh kayu adalah rayap sehingga hal lumrah jika dak kayu lapuk karena rayap. Untuk hal itu diperlukan pengecatan ulang secara berkala dan cairan khusus. 
  • Tidak semua kayu cocok digunakan dak. Hanya jenis kayu tertentu yang bisa dijadikan dak karena teksturnya yang kuat seperti kayu jati. Jangan membuat dak dari kayu pinus karena mudah terbakar. 

Demikian penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian bagi pemilik rumah dak lantai 2 dari kayu. Bagi yang ingin membuat rumah dengan dak kayu bisa mempertimbangkan penjelasan di atas agar lebih paham. 

Kesimpulan:

Membangun dak lantai 2 dari kayu memiliki keuntungan dan kerugian yang perlu dipertimbangkan. Beberapa keuntungannya adalah hemat biaya, sifat anti aliran listrik, dan tekstur ringan yang mudah didapat. Cocok bagi pecinta desain rumah minimalis dan low budget. Namun, ada beberapa kerugian seperti rentan terbakar, mudah diserang rayap, dan pemilihan jenis kayu yang harus hati-hati. Oleh karena itu, calon pemilik rumah dengan dak lantai kayu perlu berhati-hati dan mempertimbangkan kembali pilihan ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Meskipun ada pro dan kontra dalam penggunaan dak lantai kayu, pemilik rumah dapat membuat keputusan yang tepat dengan mempertimbangkan aspek keuangan, estetika, dan keamanan. Dengan demikian, dak lantai kayu bisa menjadi alternatif menarik bagi mereka yang ingin membangun rumah dengan karakter minimalis dan budget terbatas, namun tetap harus menjaga keselamatan dan perawatan yang baik agar keuntungan dari penggunaan kayu dapat dinikmati secara optimal.

Author Profile

Mas Bro
Mas Bro
Saya seorang arsitek dan sebagai blogger yang mencurahkan waktu dan energi untuk membuat konten tulisan yang menarik dan informatif di platform web hyebro.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *