Ternyata Ada 3 Ukuran Kamar Tidur Ideal yang Digunakan untuk Rumah Minimalis

  • Mas Bro
  • Jun 06, 2023
Ternyata Ada 3 Ukuran Kamar Tidur Ideal yang Digunakan untuk Rumah Minimalis

Terkadang ada saja orang yang kebingungan menentukan ukuran kamar tidur ideal untuk rumah yang akan dibangun. Hal itu dikarenakan seseorang tidak mengetahui ukuran ideal untuk rumah minimalis yang saat ini lagi banyak digunakan atau diimpikan.

Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini akan membahas ukuran ideal dari kamar tidur untuk rumah yang minimalis. Tujuannya agar seseorang bisa menjadikan referensi ketika ingin membangun rumah yang minimalis. Penjelasan lebih lanjut simak dibawah ini.

Ukuran Kamar Tidur Ideal

Jika seseorang ingin membangun hunian yang minimalis, maka harus mengetahui ukuran kamar yang ideal. Hal itu dikarenakan ruang tersebut merupakan tempat yang privasi, sehingga harus dibuat senyaman mungkin.

Sebenarnya ukuran yang ideal itu ada 3. Dimana ukuran tersebut pastinya akan mempengaruhi jumlah dan besarnya perabotan yang ada di dalamnya. Adapun ukuran yang ideal kamar tidur untuk hunian minimalis yaitu:

1. Ukuran 3 x 3,5 Meter

Di Tengah masyarakat, kebanyakan kamar tidur memiliki ukuran 3 x 3,5 meter. Namun tak jarang juga ukurannya 9 meter persegi. Sebenarnya ukuran ini terbilang kecil, namun untuk hunian minimalis sudah sangat cocok atau ideal.

Kamar yang memiliki ukuran tersebut biasanya akan diisi dengan kasur kecil yang memiliki skala 120×200 atau bisa juga 100×200. Serta akan dilengkapi dengan perabotan yang multifungsi. Tujuannya agar kamar terlihat luas dan tidak memakan tempat.

2. Ukuran 3 x 5 Meter

Pada hunian minimalis juga bisa menggunakan ukuran 3×5 meter. Dimana skala ini juga termasuk ideal untuk rumah minimalis. Namun jika memakai dimensi ini, maka harus menggunakan beberapa perabotan multifungsi didalamnya agar terlihat luas.

Biasanya kamar yang memiliki ukuran ini, memakai skala kasur yang 160×200. Sebenarnya juga dapat menggunakan yang dimensi 180×200, tetapi pastinya akan lebih sempit kelihatannya. Hal itu dikarenakan kasur yang lebih lebar membuat ruang gerak terbatas.

3. Ukuran 4 x 6 Meter

Sebenarnya ukuran yang satu ini kurang sesuai untuk rumah minimalis. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan ukuran 4×6 meter ini untuk kamar tidur. Jika menggunakan dimensi ini, maka ada bisa menggabung sebagian keruangan menjadi satu.

Contohnya saja seperti dapur dan ruang makan. Bisa juga menggabung ruang tamu dan keluarga. Jadi, bisa menghemat tempat. Serta ukuran kamar ini, membuat penghuninya bisa menempatkan perabotan yang diinginkan tanpa harus memikirkan besarnya.

Solusi Menghadapi Kamar Tidur yang Tidak Proporsional

Setelah tadi pembaca mengetahui ukuran kamar tidur ideal untuk rumah yang minimalis, maka sekarang pahami cara mengatasi ruangan tidak proporsional. Hal ini biasanya terjadi karena keterbatasan luas lahan yang dimiliki. Adapun cara mengatasinya yaitu:

1. Pilih Warna yang Tepat

Jika memiliki kamar tidur yang ukurannya tidak proporsional, dan terlihat sempit, maka bisa diatasi dengan pemilihan warna yang sesuai. Contohnya saja memilih warna putih atau cream agar terlihat bersih dan luas jika dipandang oleh mata.

Selain dua warna tersebut, bisa juga memilih yang soft atau silver. Bahkan bisa juga dengan membuat kusen jendela di bagian sudut kamar yang dapat membuatnya terlihat banyak space kosong.

2. Pilih Furniture Fungsional

Cara mengatasi ukuran kamar tidur yang tidak proporsional lainnya yaitu dengan pemilihan furniture fungsional. Tujuannya untuk menghemat tempat ketika diletakkan di dalam ruangan tersebut. Contohnya seperti meja kerja yang langsung dengan rak barang

Serta juga dapat ditambahkan dengan lampu-lampu hias di bagian sudut kamar. Selain itu juga bisa memberikan gorden yang kekinian untuk membuat tampilan kamar menjadi cantik dan mempesona.

Demikianlah tadi ukuran kamar tidur ideal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk rumah minimalis yang akan dibangun. Pembaca bisa memilih salah satu dari ukuran yang ada diatas. Bahkan telah dijelaskan juga cara agar kamar terlihat luas.

Kesimpulan:

Dalam membangun rumah minimalis, penentuan ukuran kamar tidur yang ideal menjadi hal penting untuk menciptakan hunian yang nyaman dan fungsional. Terdapat tiga ukuran yang umum digunakan untuk kamar tidur dalam rumah minimalis, yaitu 3 x 3,5 meter, 3 x 5 meter, dan 4 x 6 meter. Kamar tidur dengan ukuran 3 x 3,5 meter cocok untuk hunian minimalis karena dapat diisi dengan kasur kecil dan perabotan multifungsi, sehingga terlihat luas. Ukuran 3 x 5 meter juga ideal dengan pemilihan perabotan yang tepat untuk memberikan kesan luas. Meskipun ukuran 4 x 6 meter tidak sesuai standar untuk rumah minimalis, tetapi dengan menggabungkan beberapa ruangan, kamar ini tetap bisa menjadi pilihan untuk menempatkan perabotan dengan bebas.

Untuk mengatasi kamar tidur yang tidak proporsional, ada beberapa solusi yang bisa diaplikasikan. Pemilihan warna yang tepat seperti putih, cream, atau warna soft lainnya dapat memberikan kesan luas pada kamar yang sempit. Selain itu, pemilihan furniture fungsional yang dapat menghemat tempat menjadi pilihan yang bijaksana. Dengan menghadirkan meja kerja yang langsung berpadu dengan rak barang, serta menambahkan lampu hias dan gorden kekinian, kamar tidur dapat terlihat cantik dan mempesona meskipun berukuran tidak proporsional.

Dengan mengetahui ukuran kamar tidur ideal untuk rumah minimalis dan cara mengatasi kamar yang tidak proporsional, pemilik rumah dapat menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan estetis sesuai dengan keinginan. Keputusan untuk memilih salah satu ukuran kamar tidur tersebut tentunya akan bergantung pada luas lahan yang dimiliki dan preferensi pribadi pemilik rumah.

Author Profile

Mas Bro
Mas Bro
Saya seorang arsitek dan sebagai blogger yang mencurahkan waktu dan energi untuk membuat konten tulisan yang menarik dan informatif di platform web hyebro.com.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *