Lengkapi Hunian dengan Atap Fiberglass Transparan Sekarang!

  • Mas Bro
  • Jul 24, 2023
Lengkapi Hunian dengan Atap Fiberglass Transparan Sekarang!

Sebuah bangunan tentu tidak akan lengkap jika tidak ada atas yang melengkapinya. Di zaman sekarang penggunaan atap fiberglass transparan sepertinya sudah menjadi tren. Mengingat banyaknya bangunan yang telah mengaplikasikannya, berikut ulasan terkait, yaitu:

Mengenal Atap Fiberglass Transparan

Bagi seorang developer atau arsitek tentu sudah sangat paham akan atas fiberglass. Atas fiberglass yang dibuat transparan banyak digunakan untuk ide hunian yang dapat terang secara alami. Pasalnya sinar matahari dapat masuk dengan atap transparan tersebut.

Pada dasarnya atap fiberglass yang satu ini terbuat dari material serta plastik kokoh. Hal inilah yang menjadikannya sebagai alternatif pencahayaan alami sebuah hunian. Untuk pengguna yang menginginkannya juga mudah memperolehnya di pasaran.

Mengingat jumlah produksinya kini yang semakin banyak dan dipercaya oleh masyarakat. Pengaplikasian dari atap fiberglass sendiri juga banyak digunakan untuk teras rumah, pabrik hingga dinding. Umumnya material dasar fiberglass adalah polyester.

Ditambah lagi dengan serat kaca di dalamnya, membuat atap yang satu dikenal akan kekuatannya. Hal ini juga berdampak pada ketahanannya terhadap berbagai cuaca. Membuat atap fiberglass mempunyai nilai tambah yang membuatnya banyak dipertimbangkan pengguna.

Jenis dan Ukuran Atap Fiber

Berdasarkan jenisnya atap tersebut telah tersedia dalam bentuk gelombang atau datar. Nah, varian yang dihadirkan, selain transparan ada juga yang tidak dapat tembus cahaya atau solid. Untuk warnanya sendiri sudah tersedia dalam berbagai pilihan.

Setiap ukuran atap fiberglass tentu berbeda jenis dan juga merknya. Para pengguna dapat membelinya dalam bentuk lembaran yang disesuaikan dengan jumlah kebutuhan. Untuk tingkat ketebalan atapnya sendiri sekitar 1 mm sampai 2 mm.

Sedangkan panjang maksimal dari fiberglass yaitu 12 meter. Proses pengaplikasian atap fiberglass bisa diterapkan di dalam maupun luar ruangan. Biasanya kebutuhan akan atap yang satu ini disesuaikan dengan kondisi dan keinginan dari penggunanya.

Keuntungan Menggunakan Atap Fiberglass

Kepopuleran serta banyaknya pengguna yang memilih atap fiberglass tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya pengguna dapat memperoleh berbagai keuntungan dari pemakaian atap tersebut, apa sajakah itu? Simak berikut ini penjelasannya yaitu:

1. Solusi pengganti Kaca

Keuntungan yang pertama dari penggunaan atap fiberglass yaitu sebagai solusi pengganti kaca. Dengan adanya atap yang satu ini, pengguna tidak perlu lagi memasang kaca yang rentan untuk pecah. Fiberglass dianggap sebagai pilihan terbaik untuk diaplikasikan.

Terlebih pengguna yang menginginkan pencahayaan alami. Jika penggunaan kaca dapat menimbulkan berbagai resiko yang berbahaya, maka atap fiberglass sangat aman. Pasalnya terdiri dari serta polyester yang kuat dan kokoh sehingga tidak mudah rusak.

2. Anti Karat dan Anti Bising

Berbeda dengan penggunaan atap seperti seng yang mudah berkarat, fiberglass justru kebalikannya. Hal ini tentu dikarenakan material dasarnya. Membuatnya tahan akan korosi yang diakibatkan oleh air atau pun cahaya matahari.

Selain itu penggunaan atap fiberglass juga sangat fleksibel sehingga bisa aplikasikan ke berbagai bangunan. Belum lagi anti bising yang bisa membuat hunian terasa tenang dan nyaman. Meskipun hujan turun, suaranya tidak akan terdengar ke dalam rumah.

3. Membuat Ruangan Tetap Sejuk

Keuntungan selanjutnya yang bisa dirasakan yaitu kesejukan yang tetap terjaga di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan pemantulan sinar matahari yang dilakukan oleh fiberglass. Jadi meskipun panas matahari menerangi ruangan, tetapi akan terasa sejuk.

Nah, itulah ulasan terkait atap fiberglass transparan beserta dengan keuntungan penggunaannya. Jika dilihat berdasarkan material bahan yang digunakan, fiberglass sangat penting. Terlebih lagi pengguna yang menginginkan penerangan natural secara langsung dari matahari.

Author Profile

Mas Bro
Mas Bro
Saya seorang arsitek dan sebagai blogger yang mencurahkan waktu dan energi untuk membuat konten tulisan yang menarik dan informatif di platform web hyebro.com.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *